Langkah Awal Cara Menggunakan Accurate Online untuk Pembukuan Bisnis

Tidak melakukan pembukuan di dalam sebuah bisnis merupakan kesalahan besar. Pembukuan merupakan sebuah pondasi dalam setiap bisnis. Pembukuan yang baik merupakan cerminan manajemen yang baik. Mungkin ini yang menyebabkan beberapa usaha di Indonesia mengalami kebangkrutan.

Bisnis dan pembukuan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Dengan pembukuan yang benar, hal tersebut dapat menjadi landasan untuk pengambilan keputusan. Dan pembukuan juga berfungsi menjadi dasar perencanaan pengembangan bisnis.

Accurate Online adalah sebuah solusi untuk memudahkan pembukuan bisnis. Jika kamu berpikir pembukuan akan memakan banyak waktu dan menyulitkan, hal itu tidak akan terjadi jika kamu menggunakan Accurate Online.

Langkah Awal Menggunakan Accurate Online

Pasti kamu berpikir jika menggunakan Accurate Online akan menyulitkan? KAMU SALAH. Accurate online merupakan Software Akuntansi untuk membantu kebutuhan dalam pembukuan walaupun kamu tidak mahir akuntansi. Tidak seperti software lain, Accurate online tidak dibuat hanya untuk staff akuntan, maka dari itu semua divisi dapat menggunakannya.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan pendaftaran menggunakan email atau fackbook yang kamu miliki. Jika sudah, selanjutnya kamu harus membuat database pada akun accurate online. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Membuat Database

Jika kamu sudah selesai membuat akun accurate online, selanjutnya kkamu harus membuat database. Database ini yang nantinya akan berisi informasi dan transaksi yang bisnis kamu miliki. Klik tanda “tambah” untuk membuat database seperti di bawah ini:

Selanjutnya adalah kamu mengisi nama perusahaan, warna latar dan juga logoo perusahaan yang kamu miliki. Jika sudah, kamu pilih “simpan”.

Kamu sudah berhasil membuat database kosong, selanjutnya adalah mengisi data yang nantinya akan digunakan untuk pencatatatan di database ini. Klik pada database yang kamu buat tadi.

Mengisi Data dan Pengaturan Awal

Tenang aja, proses ini tidak lebih dari 10 menit. Kamu akan dibawa ke pengaturan awal setelah mengklik database tadi. Pengaturan awal ini berisi informasi dasar tentang seperti apa nantinya pembukuan bisnismu berjalan.

1. Info Perusahaan

langkah ini adalah langkah pertama, kamu harus mengisi informasi perusahaan. Isi kolom-kolom tersebut sesuai data yang dibuthkan dan pastikan kamu mengisinya dengan benar. Klik lanjut jika kamu sudah selesai. Contohnya seperti ini:

2. Fitur Dasar

Yang kedua adalah mengatur fitur dasar. nantinya ini akan menentukan fitur apa saja yang bisa digunakan pada akun accurate onlinemu. Tapi tenang saja, fitur ini tidak terkunci untuk selamanya. Jika kamu melakukan kesalahan dalam memilih fiturnya atau ada perubahan fitur, kamu bisa menggantinya lewat menu preferensi.

3. Dasar Menu Penjualan

Langkah selanjutnya adalah pemilihan kebutuhanmu pada menu penjualan. Nantinya ini akan menentukan fitur apa saja yang akan ditampilkan pada menu penjualan.

4. Dasar Menu Pembelian

Yang keempat adalah dasar menu pembelian. Sama seperti menu penjualan, nantinya ini akan menentukan fitur apa saja yang akan ditampilkan pada menu pembelian.

5. Dasar Menu Persediaan

Pada langkah ini, kamu harus memilih metode yang akan kamu gunakan untuk pengelolaan persediaan. Accurate Online memiliki 2 jenis metode persediaan, yaitu FIFO dan Average. Pilihlah sesuai kebutuhan bisnismu.

6. Opsi Pencatatan Beban Per Proyek Dan Per Departemen

Biasanya ini digunakan oleh perusahaan menengah ke atas yang memiliki banyak departemen dan proyek dengan anggaran yang berbeda. Kamu bisa memilih mencatat bebas dengan banyak departemen dan proyek atau tidak.

7. Pengaturan Akun Perkiraan

Accurate Online membutuhkan akun perkiraan sebagai penampung nilai-nilai kas, pendapatan, persediaan, biaya, beban, dll. Jika kamu tidak mengerti, Accurate Online menyiapkan akun perkiraan yang biasa digunakan perusahaan di Indonesia. Jika sudah klik “selesai”

Persiapan Data Perusahaan

Setelah kamu selesai mengisi semuanya, berarti kamu sudah menyiapkan fitur dasar yang akan digunakan oleh bisnismu.

Selanjutnya adalah menyiapkan data awal perusahaan. Contohnya seperti data pelanggan, data barang dan data pemasok. Contohnya seperti gambar ini:

Kas dan Bank

Opsi ini untuk mempersiapkan informasi data kas dan Bank Perusahaan anda berserta saldonya, masukan satu per-satu melalui menu ini. Kamu dapat memasukkannya lewat menu “Buku Besar – Akun Perkiraan”.

Pemasok, Pelanggan, Barang dan Jasa

Kamu bisa menambah pemasok, pelanggan, dan barang / jasa secara manual dan satu persatu dengan menekan tombol “Buat Pemasok”, “Buat Pelanggan”, dan “Buat Barang & Jasa” seperti gambar diatas.

Atau kamu bisa mengunggah semua data tersebut melalui file excel sesuai format yang Accurate Online tetapkan dengan memilih opsi “Impor Pemasok”, “Impor Pelanggan”, dan “Impor Barang & Jasa”.

  • Sebelum proses impor, persiapkanlah hal hal berikut:
  1. Daftar file Pemasok harus dalam bentuk file Microsoft Excel (*.xls, *.xlsx)
  2. Accurate menganggap baris pertama data adalah judul kolom, data baris pertama tidak akan di impor
  3. Gunakan karakter titik (.) untuk pemisah desimal dan format tipe tanggal dd/mm/yyyy (contoh: 15/04/2014)
  4. Untuk data kolom mata uang, isikan sesuai dengan kode mata uang. cth : IDR, USD, SGD
  • Accurate Online hanya akan memproses 10.000 baris pertama dari file Excel yang diupload

Untuk melihat contoh template file yang bisa di unggah, kamu dapat mengunduhnya di sini.

Jika sudah selesai kamu bisa mencentang opsi kami mengerti dan selesai, lalu klik “Tutup”, Dan kamu sudah siap untuk mencatat semua transaksi dan melakukan pembukuan bisnis Anda dengan mudah.

Baca Juga : Accurate Online | Aplikasi Pembukuan Terbaik

Kemudahan Adalah Keharusan

Setelah kamu melakukan impor data perusahaan, itu berarti kamu sudah siap menggunakan Accurate Online yang sesuai fitur yang kamu pilih dan sesuai kebutuhan usaha kamu. Merasa ada fitur yang tak cocok atau yang kamu butuhkan tidak ada? kamu bisa mengubahnya melalui menu “Pengaturan” lalu pilih “Preferensi”.

Jadikan pembukuan bisnis lebih mudah dengan menggunakan Accurate Online yang bisa digunakan dimanapun dan kapanpun. Lupakan pembukuan yang sulit, sering terjadi kesalahan dan memakan waktu, karena kemudahan adalah awal yang baik untuk pengembangan bisnis.

Jika kamu tertarik menggunakan Accurate Online, kamu bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.