Mudahnya Membuat Laporan Keuangan
Perusahaan Manufaktur

Sebelum kalian mempelajari bagaimana cara membuat laporan keuangan manufaktur, kalian haruus mengerti apa itu laporan keuangan. Laporan keuangan merupakan laporan yang menggambarkan kondisi finansial di sebuah perusahaan.

Laporan keuangan merupakan hal yang paling penting dalam sebuah perusahaan. Dengan memiliki laporan keuangan, sebuah perusahaan dapat mengambil sebuah keputusan yang tepat atas proses bisnis yang terjadi.

Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

laporan keuangan perusahaan manufaktur

Perusahaan manufaktur merupakan sebuah perusahaan yang memiliki aktivitas uasahanya mengubah barang mentah menjadi barang jadi yang siap dijual ke konsumen. Oleh sebab itu, perusahaan manufaktur memproduksi produknya sendiri dari bahan mentah hingga ke barang jadi lalu menjualnya ke supplier atau konsumen.

Karena memproduksi produknya sendiri, perusahaan manufaktur terdapat istilah harga pokok produksi. Ini yang menjadi laporan keuangan utama di perusahaan manufaktur. Sebenarnya perusahaan manufaktur memiliki laporan keuangan yang tidak jauh berbeda denga perusahaan lainnya. Yang jadi pembeda adalah adanya laporan harga pokok produksi.

Baca Juga : Mau Laporan Keuangan Untuk Perusahaan Manufaktur <1menit?

Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Ada beberapa laporan yang harus kamu buat. Ini dia laporan keuangan yang harus kamu buat:

1. Laporan Harga Pokok Produksi

Aktivitas utama dalam perusahaan manufaktur adalah produksi, maka ada biaya-biaya yang muncul ketika kegiatan produksi. Laporan harga pokok produksi perlu dibuat untuk melihat jumlah nilai persediaan yang dipakai untuk proses produksi, jumlah nilai biaya untuk proses produksi, serta nilai biaya overhead perusahaan yang dikeluarkan selama masa produksi.

2. Laporan Laba Rugi

Kamu tidak perlu khawatir, laporan laba rugi perusahaan manufaktur sama dengan laporan perusahaan lainnya. Laporan ini berisi tentang nilai pendapatan dan nilai beban sehingga mendapatkan nilai laba dan nilai rugi.

3. Laporan Neraca

Laporan yang satu ini nantinya akan menggambarkan posisi, info dan kondisi keuangan pada perusahaan tersebut. Laporan neraca perusahaan manufaktur juga berisi aktiva dan pasiva.

4. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal pada perusahaan manufaktur juga sama dengan perusahaan lainnya. Laporan perubahan modal merupakan laporan yang berisi nilai modal awal, adanya perubahan modal, serta hal lain yang tidak berkaitan dengan kegiatan perusahaan.

Kesimpulan

Setelah kamu mempelajari cara membuat laporan keuangan, lebih baik jika kamu dibantu dengan Software Akuntansi Manufaktur dari Accurate. Accurate sudah bisa mengakomodir pembukuan perusahaan manufaktur. Ingat, perusahaan yang memiliki pembukuan yang baik berarti memiliki manajemen yang baik. Yuk, liat kehebatan Software Akuntansi Manufaktur dari Accurate.

hebatnya software akuntansi manufaktur