Pembukuan Sederhana Untuk Perusahaan Kontraktor

Pembukuan Sederhana Untuk Perusahaan Kontraktor | Kamu pasti sudah tidak asing dengan kata kontraktor kan? Ya, hampir setiap saat kamu pasti mendengarnya. Perusahaan kontraktor adalah perusahaan yang identik dengan bidang pembangunan atau konstruksi. Padahal perusahaan kontraktor memiliki banyak jenis.

Sedangkan pembukuan adalah proses pencatatan transaksi keuangan. Yang dimaksud transaksi meliputi penjualan, pembelian, pendapatan maupun pengeluaran yang dilakukan perusahaan. Pembukuan wajib dilakukan oleh semua jenis usaha karena pembukuan merupakann dasar dalam akuntansi.

Manfaat Pembukuan

Walaupun awalnya akan terasa sulit untuk melakukan pembukuan. Tapi, ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika melakukan pembukuan. Berikut ini manfaat yang akan kamu dapatkan:

  1. Alat monitor perkembangan keuangan
  2. Alat pengendalian keuangan
  3. Alat evaluasi terhadap target dalam setiap kegiatan
  4. Tolak ukur untuk pengambilan keputusan

Prinsip Dasar Pembukuan Yang Harus Dipahami

1. Buatlah Pembukuan Yang Sistematis

Yang dimaksud sistematis adalah bisa membedakan antara pemasukan dan pengeluaran. Semua transaksi dibedakan sesuai jenisnya masing-masing karena nantinya untuk memudahkan dalam evaluasi.

Baca juga: Software Akuntansi Terbaik Untuk Perusahaan Kontraktor

2. Buatlah Sesuai Alurnya

Contohnya ada pembukuan uang keluar, maka buatlah pembukuan sesuai alur dan waktu terjadi transaksinya. Jika tidak, itu akan mempengaruhi ketika inging melakukan validasi.

3. Buat Yang Mudah Dimengerti

Buatlah pembukuan dengan format umum yang biasa dipakai, sehingga jika ada orang lain ingin melihat pembukuan tersebut akan langsung mengerti. Dan yang paling penting pencatatannya harus rapih agar mudah dibaca dan terlihat profesional.

4. Bisa Dipertanggungjawabkan

Salah satu prinsip yang penting juga adalah setiap transaksi yang kamu lakukan harus dapat dipertanggungjawabkan. Jadi jangan sampai salah input atau kecurangan dalam setiap transaksi.

Pembukuan Perusahaan Kontraktor

Dalam menjalankan operasional perusahaannya, perusahaan kontraktor pastinya memerlukan informasi mengenai proyek yang terkait. Ini ada beberapa contoh laporan yang berkaitan dengan:

  1. Pembuatan anggaran proyek
  2. Laporan laba/rugi proyek
  3. Hutang dan Piutang Usaha
  4. Asset

Tapi Kamu Tau Gak Kalau Pembukuan Perusahaan Kontraktor Bisa Dikerjakan <1 Menit?

lihat di sini

Software Akuntansi Terbaik Untuk Perusahaan Kontraktor